Kisah Penyembelihan Ismail

Besok idul adha lho. Gema takbir berkumandang malam ini bikin hati ogut tentrem (beneran gak neh).
Ogut pengen crita nikh tentang asal muasal idul adha, kayak yang dulu pernah didongengin guru.

____Kisah Penyembelihan Nabi Ismail as____

Akhirnya setelah sekian lama menginginkan anak, pada usianya yang ke-86 nabi Ibrahim as diberkahi seorang anak, dia bernama Ismail yang kelak juga akan menjadi salah satu nabi kita.
Tahunpun silih berganti, Ismail tumbuh sebagai anak yang sholeh.
Pada suatu malam, Ibrahim mendapatkan sebuah mimpi. Dia bermimpi mendapat perintah dari Allah SWT untuk menyembelih putranya, Ismail.
Mimpi tersebut yang menurut Ibrahim adalah wahyu dari Allah akhirnya hendak dilaksanakannya juga. Ketika Ibrahim bertanya pada Ismail bahwa bersediakah dirinya untuk dikorbankan (disembelih), Ismail dengan kerelaan hati pun menyanggupi.
Akhirnya tibalah saat dimana pelaksanaan penyembelihan tiba. Ketika pedang yang digunakan untuk menyembelih Ismail hendak diayunkan, seketika itu juga atas kuasa Allah SWT Ismail digantikan dengan seekor ternak (kambing atau sapi) sedangkan Ismail selamat dan tidak jadi dikorbankan.
Ternyata mimpi tersebut adalah sebagai ujian bagi Ibrahim, dia bersedia mengorbankan anaknya demi menjalankan perintah Allah.
Dari peristiwa itu, kini setiap tanggal 10 Dzulhijjah kita memperingati hari raya Idul Adha dengan mengorbankan ternak yang hasilnya akan dibagikan kepada kaum dhuafa maupun masyarakat sekitar.

________________

Ringkaz dan padat kan.
Ogut bayangin deh, coba kalo posisi ogut waktu itu adalah nabi Ismail? Seyem ahh..
Nabi Ibrahim juga keren, ikhlas banget ngorbanin anaknya yang sholeh itu untuk disembelih. Padahal ogut kalo kehilangan duit goceng aja kaga ikhlas, hhaha.. Gak heran dong kalo nabi kita Ibrahim masuk dalam daftar ULUL AZMI. Yaitu para nabi yang memiliki kesabaran yang sangaaat tinggi dalam menjalani ujian berat dari Allah SWT kayak nabi Nuh, Ibrahim, Musa, Isa, dan Muhammad.
Keren2 banget yakz. Mereka juga masing2 diberi mukjizat. Kapan2 aja deh bahas tentang ini, ntar kepanjangan lagi hhaha..

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: